Friday, March 8, 2019

Sekolah Robotik di Jakarta

0 comments
Sekolah Robot - Untuk meningkatkan kesadaran generasi muda akan musibah alam, Teknik Sipil Universitas Widya Kartika Surabaya menggelar Kontes Robot Hidrolik. Kontes ini khusus untuk siswa-siswi SMA, SMK, MAN se-Jawa Timur. Kontes ini diselenggarakan Rabu, 6 Maret 2019 bertempat di hall lantai 4 Universitas Widya Kartika.

"Tema robot hidrolik yang yang kami pilih untuk tahun ini mitigasi musibah alam gempa bumi. Sebab akhir-akhir ini Indonesia banyak mengalami musibah hal yang demikian, kami berharap generasi gampang lebih peduli dan membuat sesuatu yang lebih bermanfaat," ungkap Dodik Purwanto, koordinator acara.

Dodik Purwanto menerangkan perbedaan antara robot hidrolik dengan elektronik. Bedanya, robot elektronik lebih banyak menerapkan bagian elektronik yang kompleks padahal robot hidrolik cuma mengandalkan energi hidrolik.

Secara bagian bahkan, robot hidrolik bisa menerapkan bahan-bahan yang simpel dan cuma mengandalkan tekanan air sebagai energi pelopornya.

"Mereka (peserta) dikasih waktu dua jam untuk merakit robotnya di sini, jadi mereka dari sekolah cuma membawa bahan-bahan seperti, lilin, selang, suntikan, stik es cream serta {lem|perekat} tembak,\" ujar Kepala Program Studi Teknik Sipil ini.

Kecuali bahan-bahan di atas, tutur Dodik Purwanto sebagian barang seperti styrofoam, kardus juga alat perkakas seperti solder.

Menurutnya, robot yang diciptakan seharusnya dapat diterapkan pada misi yang diberi. Misinya ialah menyambung jembatan yang ambruk sebab gempa, menyelamatkan seseorang dari reruntuhan serta membangun monumen bambu runcing yang ambruk. Tiap penyelesaian misi mempunyai poin untuk indikator pengukuran.

No comments:

Post a Comment